Senin, 08 April 2013

BELITUNG

Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. Pulau ini dahulu dimiliki Britania Raya (1812), sebelum akhirnya ditukar kepada Belanda, bersama-sama Bengkulu, dengan Singapura dan New Amsterdam (sekarang bagian kota New York). Kota utamanya adalah Tanjung Pandan.
Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar.
Sebagian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah. Usaha pertambangan timah sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda.
Penduduk Pulau Belitung terutama adalah suku Melayu (bertutur dengan dialek Belitung) dan keturunan Tionghoa Hokkien dan Hakka.
Secara geografis pulau Belitung (Melayu ; Belitong) terletak pada 107°31,5' - 108°18' Bujur Timur dan 2°31,5'-3°6,5' Lintang Selatan. Secara keseluruhan luas pulau Belitung mencapai 4.800 km² atau 480.010 ha.Pulau Belitung disebelah utara dibatasi oleh Laut Cina Selatan, sebelah timur berbatasan dengan selat Karimata, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa dan sebelah barat berbatasan dengan selat Gaspar. Di sekitar pulau ini terdapat pulau-pulau kecil seperti Pulau Mendanau, Kalimambang, Gresik, Seliu dan lain-lain.

Pantai di pulau ini hampir semuanya berpasir putih yang lembut. Apalagi dihiasi dengan batu-batu besar. Memberikan kesan pantai ini sangatlah unik.
Adapun tempat wisata yang cukup popular di pulau belitung ini adalah

Pantai Tanjung Tinggi,
Anda tahu film Laskar pelangi ? nah salah satu tempat syutingnya adalah di pantai tanjung tinggi - belitung. Pantai ini berpasir putih dan mempunyai batu granit yang paling besar diantara pantai lainnya. Di sore hari dapat kita jumpai keluarga ataupun anak-anak sedang bermain air di pantai ini. Di tanjung tinggi - belitung ini dapat kita jumpai banyak restoran seafood. Yang menjual aneka hidangan seafood, dan tentunya kelapa muda. Nikmat bukan berada di pantai yang indah dan menikmati kelapa muda yang segar ?

http://www.adityawisnu.com/wp-content/uploads/2010/05/DSC_8310.jpg

Pantai Tanjung kelayang

Dari pantai ini dapat kita lihat tersebar ratusan batuan granit di laut maupun di pantai, pantai ini diberi nama pantai tanjung kelayang, karena dapat kita lihat batu granit besar yang bentuknya seperti burung kelayang. Yang memang burung ini banyak dapat dijumpai di pantai ini.  

http://tour.bangkabelitung123.com/wp-content/uploads/2011/07/1.jpg

Pulau Lengkuas dan pulau burung.
Nah ini dia the bestnya belitung. pulau ini dapat kita kunjungi via tanjung kelayang yaitu dengan menyewa perahu nelayan.
Dibutuhkan waktu kira-kira ½ jam untuk mencapai pulau ini, di perjalanan dapat kita lihat batu-batu granit besar yang tersebar di lautan. Dan bentuknya pun aneh-aneh, air nya biru, langitnya biru. Mantap. Jika anda menerawang ke dalam lautan, anda akan takjub karena didalam laut pun ternyata banyak batu-batu granit. 
Sesampai nya di pulau lengkuas, kita akan menjumpai sebuah mercu suar yang masih beroperasi hingga saat ini. Mercu suar ini tingginya setara dengan gedung 12 lantai, kurang lebih 50 meter. Jika ingin, kita dapat naik ke puncak mercu suar dan mengalami sensasi lelah naik tangga yaitu berkeringat dan ngos-ngosan. Namun setelah anda sampai di puncaknya rasa lelah pun terbayar tunai, karena dari atas mercu suar ini dapat kita lihat pemandangan luar biasa.

Pemandangan batu-batuan granit yang seakan-akan berserakan dilautan. Serta pemandangan laut biru yg wow Mantap.
Oh ya bagi yang belum tahu Fungsi dari mercu suar adalah membantu navigasi kapal laut. Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, sudah banyak kapal laut yang tidak menggunakan mercu suar, karena sudah menggunakan teknologi GPS (global positioning satellite)

http://www.transtiket.com/images/news/Pulau%20Lengkuas.jpg



Pantai Burung Mandi
Pantai Burung Mandi. Merupakan sebuah pantai pasir putih di belitung, namun yang anehnya tidak ditemui satupun batu granit besar seperti di tanjung tinggi ataupun tanjung kelayang. Di pantai ini juga dapat kita jumpai kedai-kedai yang menjual kelapa muda, Pantai ini diberi nama burung mandi karena pantai ini dekat dengan gunung burung mandi. 

http://annisaseptiasaripertiwihadi.files.wordpress.com/2012/02/pantai_burung.jpg


Untuk mencapai pulau belitung ada dua akses yaitu melalui pesawat terbang dan melalui kapal laut. Namun untuk berwisata kami anjurkan untuk naik pesawat saja. Karena naik kapal laut membutuhkan waktu yang lama, sedangkan dengan pesawat kita hanya perlu 1 jam saja dari bandara soekarno hatta Jakarta. Ke bandara Hanadjoedin di kota Tanjung pandan (belitung).
Dari Kota Tanjung pandan kita dapat langsung berwisata ke pantai-pantai yang eksotis di belitung, seperti pantai tanjung kelayang ataupun tanjung tinggi. Kira-kira 1 jam perjalanan
Jika anda ingin menuju pulau burung atau pulau lengkuas, dari belitung dapat kita tempuh melalui pantai tanjung kelayang dengan menyewa perahu nelayan. 

Jarak dari Kota Tanjung Pandan (belitung) ke beberapa tempat wisata
Tanjung pandan - Tanjung kelayang 27 KM
Tanjung pandan - Tanjung tinggi 31 KM
Tanjung pandan - Tanjung pendam 2 KM
Tanjung pandan - PantaiBurung Mandi 80 KM


Di belitung makanan yang terkenal selain seafood adalah mie belitung. rasanya sedap, tampilan nya menarik dan harganya pas dikantong. Dibawah 10ribu rupiah per porsinya. Mie belitung merupakan mie berkuah, dimana kuahnya terasa manis dan sedikit kental. Selain itu sebagai pelengkap juga dapat kita jumpai kentang, tahu dan udang. Sangat nikmat untuk sarapan pagi.
anda harus coba mie belitung

http://i293.photobucket.com/albums/mm52/chopin_03/food/mie-belitung-1.jpg?t=1255262742

BELITUNG MANTAPPPP





Tidak ada komentar:

Posting Komentar